9 Suggestions Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Sesuai Syariat Islam

Dengan gaji kecil pun, kamu bisa kok mengatur keuangan pribadi dengan baik. Tips yang satu ini mungkin terdengar agak sulit untuk dilakukan, apalagi jika Anda termasuk orang yang sibuk. Namun, mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukan langkah ini, Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan setiap bulannya. Anda juga bisa mengetahui apakah pengeluaran Anda sudah cocok dengan perencanan yang sudah dibuat dalam skala prioritas. Mencatat setiap pengeluaran ini juga bisa mencegah Anda untuk berperilaku boros.

Belum lagi didukung dengan beberapa tempat perbelanjaan yang menawarkan diskon di awal bulan untuk para pekerja yang baru saja mendapat gaji. Oleh karena itu, pengaturan keuangan pekerja harus lebih hati-hati dan bisa menunjang kinerja pekerja tersebut. Patuhi secara disiplin anggaran belanja agar tidak mengikuti nafsu untuk membelanjakan uang tanpa memperhatikan anggaran yang sudah dibuat. Kehidupan di masa kuliah akan menentukan masa depan yang akan diraih.

Cobalah syukuri apa yang dipunya hari ini dan hindari menambah hutang hanya untuk kebutuhan konsumtif yang tidak ada urgensinya. Nah, mulai sekarang kamu harus waspada dan mengendalikan hasrat belanja. Caranya, isi saldo e-wallet seperlunya saja dan hanya gunakan untuk kebutuhan prioritas. Setelah kebutuhan dasar tercukupi, baru anggarkan untuk pos belanja konsumtif dan hiburan, seperti baju baru, make up, wisata, dan sebagainya.

Jika Anda memiliki arus kas negatif,dari waktu ke waktu, Anda akan mengalami bulan yang buruk di mana pengeluaran Anda membebani penghasilan Anda. Jika tujuan Anda adalah kebebasan finansial, Anda tidak dapat membiarkan ini terjadi sesering mungkin. Dengan melacak pengeluaran Anda, Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang apa pengeluaran bulanan terbesar Anda. Anda juga akan melihat pos-pos Anda mengeluarkan uang berlebihan dan dapat menyesuaikan diri, membantu Anda menyempurnakan dan mengelola keuangan dengan lebih baik sebelum hal-hal di luar kendali.

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Tips mengatur keuangan

Selain menjadi tempat berlindung, rumah bisa menjadi investasi yang bagus di masa mendatang. Harganya yang meningkat setiap saat membuatmu tidak memiliki alasan lagi untuk menunda pembelian rumah. Harga rumah yang mencapai ratusan juta pun bisa kamu sanggupi asalkan kamu mengetahui cara mengatur keuangan yang baik.

Rekening pertama digunakan untuk semua transaksi, seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Masing-masing pos diatas sudah memiliki tempatnya sendiri seperti biaya hidup di rekening utama tabungan, dana darurat di deposito dan investasi langsung ke p2p lending atau saham. Cara mengatur keuangan rumah tangga akan sangat menentukan kondisi perekonomian rumah tangga sebuah keluarga dalam jangka panjang.