Tertarik Jadi Pengusaha? Ini Dia Inspirasi Proyek Bisnis Inovatif Besutan Mahasiswa Prasetiya Mulya

Lulusannya selalu dianggap memiliki kelas di tengah tengah masyarakat. Menariknya, jurusan ilmu hukum tidak hanya bisa menggeluti profesi sebagai hakim, advokat, dan lain sebagainya, namun juga dapat menjadi seorang wirausahawan sukses. Caranya adalah dengan membuka praktek dalam banyak bidang hukum.

Anda juga bisa menjual barang bekas khusus komputer dengan cara membeli komputer rusak dengan harga murah. Kemudian dengan menggunakan orang yang mengerti perbaikan komputer, Anda bisa menjual komputer yang sudah di perbaiki itu dengan harga yang lebih tinggi. Demikian pula dengan barang bekas, seperti kamera, motor, dan lain-lain. Anda bisa membuka kantor keagenan, baik suatu produk maupun jasa.

Ia menyebut pemerintah telah mendukung munculnya wirausaha baru dengan menyederhanakan sistem regulasi melalui omnibus regulation UU Cipta Kerja. Beleid sapu jagat ini, tutur Bahlil, mengatur agar calon pengusaha, khususnya sektor UMKM, hanya perlu mengantongi nomor induk berusaha untuk mulai membuka usahanya. Bahlil menjelaskan bahwa kualitas mahasiswa diuji dalam 3 hal yaitu profesionalisme, intelektualitas, dan ilmuwan.

Pengusaha yang hanya berpendidikan SMP ini mengajak para mahasiswa entrepreneur untuk memiliki banyak mimpi. Setelah memiliki banyak ide dan gagasan harus berani untuk melangkah dan mewujudkan. “Untuk memulai usaha, menjadi pengusaha kecil dengan modal kecil jangan berkecil hati. Dan kalian, mahasiswa calon-calon entrepreneur ini harus berani untuk mulai,” kata Alim Markus. Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, syarat untuk memenangkan persaingan di period saat ini yakni harus kreatif. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mendirikan Rumah Kreatif untuk menjadi wadah pelaku usaha lebih mengembangkan bisnisnya.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Melalui sistem Bedukmawa ini masing-masing mahasiswa dapat membuat akun yang nantinya dapat digunakan sebagai media jual beli antar sesama mahasiswa. Pembuatan akun juga tergolong mudah yaitu menggunakan e-mail mahasiswa dan kartu mahasiswa. “Setelah akun diverifikasi oleh admin maka masing-masing pemilik akun dapat menambahkan produk yang ingin dijual melalui fitur tambah produk,’’ jelas Suryo.